Definisi Arsitektur & Organisasi Komputer

Definisi  Arsitektur & Organisasi Komputer



Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
            Contoh : Control signals, interfaces, memory technology

Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
            Contoh : Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian  data, mekanisme I/O, teknik pengalamantan (addressing techniques).

Perbedaan Dari Arsitektur Komputer & Organisasi Komputer

Arsitektur Komputer : merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatab proses dan dan sistem interkoneksi nya
Organisasi Komputer : Bagian yang terkait erat denngan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen  penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya
Struktur Dan Fungsi
Struktur : masing masing komponen yang saling berhubungan satu sama lain
Fungsi : operasi dari masing – masing komponen sebagai bagian dari struktur
Fungsi Komputer :
     Pengolahan data – data processing
     Penyimpanan data storage
     Pemindahan data – data movement
     Kendali - kontrol

Konsep Dasar Komputer


Penjelasan
ž fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access      Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori       yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 

Sekian Dan Terima Kasih Dan Jangan Lupa Share

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Arsitektur & Organisasi Komputer"

Post a Comment