Bagian-Bagian Dan Cara Kerja Processor - Riyan IT

Di sini menyediakan berbagai macam informasi tentang program studi teknik komputer dan jaringan

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, December 4, 2017

Bagian-Bagian Dan Cara Kerja Processor

cara kerja processor amd cara kerja processor dalam menangani sebuah data cara kerja processor hp cara kerja processor singkat cara kerja processor cooling cara kerja processor cara kerja processor pada komputer cara kerja processor secara singkat cara kerja cpu beserta komponennya cara kerja cpu beserta contohnya cara kerja cpu beserta gambarnya
Bagian-Bagian Dan Cara Kerja Processor


Bagian-Bagian Processor
 1. Unit kontrol  berfungsi untuk mengatur jalannya program - program yang bekerja. Unit ini memiliki peranan tinggi sebagai pengontrol setiap alat atau perangkat yang terpasang di komputer. Unit inilah yang bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkornisasi kerja antara komponen satu dengan komponen lainnya dalam menjalankan fungsi fungsi operasinya. dan memiliki tanggung jawab untuk mengambil instruksi - instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Misalkan ada instruksi untuk perhitungan aritmatika ataupun perbandingan logika, maka unit ini (unit kendali) akan membawa atau mengirim instruksi ini ke ALU. Dan hasil dari pengolahan tersebut dibawa lagi olehunit kendali ke memory utama yang akan ditampilkan ke output device/media keluaran.
Dapat disimpulkan bahwa unit kontrol berfungsi sebagai:
}  Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
}  Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
}  Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
}  Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
}  Menyimpan hasil proses ke memori utama.
}              2. Register  adalah alat penyimpanan yang sangat kecil dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Register digunakan untuk menyimpan data ataupun instruksi yang sedang diproses. Memori ini hampir sama dengan ram yaitu hanya bersifat sementara. Yang biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data yang akan di olah selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
  3. ALU, seperti yang telah disinggung sebelumnya, ALU berfungsi sebagai otak penghitung. ALU berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika ataupun logika berdasarkan instruksi yang diberikan. ALU dibagi dua bagian yaitu unit arithmatika dan unit logika, maka dari itu ALU sering disbut unit bahasa. ALU yang mengerjakan seluruh operasi perhitungan, dan ALU melakukannnya berdasarkan dasar penjumlahan sehingga se ( sirkuit elektronik ) yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

4. CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

Cara Kerja Processor
Adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 (tiga) hal dasar diantaranya:
}  Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambaghan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
}  Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
}  Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.
}  Sederhananya cara kerja prossesor intinya ialah menerima umpan ataupun perintah masuk (inpot) baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software terkait.

2 comments:

  1. Artikelnya Mirip Punya saya Gan :v
    Salam Kenal Ya dari yg bkin backlink di Grup FB "Blogger Indonesia"


    Jangan Lupa visit https://kingstechbekasi.blogspot.co.id/2017/11/jenis-jenis-prosesor-terbaru.html

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Post Top Ad

Your Ad Spot